Saturday 11 October 2014

Mata Kabur Harus Diwaspadai

Kondisi penglihatan mata kabur harus diwaspadai karena ada indikasi saraf optik mulai kelelahan dan mengalami stres. Faktor usia juga mempengaruhi keadaan tersebut. Ketajaman penglihatan berangsur menurun dan mengganggu aktifitas jika tidak segera diambil tindakan.
Selain itu kecanduan memainkan smartphone juga sangat tidak disarankan. Efeknya mungkin tidak secara langsung.  ”Selain itu gaya hidup tidak sehat seperti konsumsi rokok dan alkhohol jangka panjang juga bisa menyebabkan penglihatan seseorang menurun,” kata dr Kentar Arimadyo, SpM, MSi Med ketika ditemui di Diklit RSUP Dr Kariadi, kemarin.
Ia menjelaskan, pola hidup tidak sehat juga bisa menyebabkan penglihatan seseorang menurun. Secara umum pandangan kabur dibagi tiga kategori, pertama dikarenakan kelainan saraf, refraksi, dan media refrakta.
Dia mengatakan, kelainan media refrakta diakibatkan karena mata terdapat kotoran akibat kegiatan sehari-hari mampu mengganggu penglihatan. Sementara itu untuk kelainan refraksi seseorang harus melihat dengan kacamata bantu.
Faktor Penyebab
”Kelainan syaraf juga menjadi faktor penyebab menjadikan mata kabur. Faktor kegiatan sehari-hari seperti bermain komputer, gadget, menonton televisi sehari-hari juga menyebabkan kemampuan penglihatan seseorang menurun,” katanya
Ia menerangkan, penanganan mata kabur harus didiagnosis terlebih dahulu penyebab terjadinya mata kabur. Dijelaskannya, operasi dilakukan ketika penyebab mata kabur dikarenakan adanya faktor anatomi seperti katarak. ”Penanganan mata kabur dilihat dari penyebabnya. Jika mata kabur masih ringan masih bisa diatasi dengan perlakuan yang ringan,” tuturnya.
Dia menyarankan untuk menjaga kesehatan mata dan seluruh tubuh seseorang harus berpedoman pada tiga poin yakni makanan, pola hidup, dan olahraga. Selain itu pemeriksaan mata secara berkala juga harus dilakukan. ”Lindungi selalu organ penglihatan kita, karena menjadi jendela dunia. Konsumsi makanan yang mendukung kesehatan mata, sampai kepada melakukan aktifitas yang tidak membuat mata lelah adalah hal bijaksana yang sederhana dan dapat dilakukan sehari-hari,” tandasnya.

Sumber : epaper SM hal 32 edisi Sabtu, 4 Oktober 2014

No comments:

Post a Comment